Beberapa Cara Memperbaiki Atau Mengedit Postingan (Artikel)

Mengedit Postingan (artikel) - Memberikan infromasi kepada pembaca artikel di inetrnet, bukanlah hal yang mudah. Maksud di sini adalah ketika anda membuat postingan, informasi yang di berikan haruslah dapat di pahami oleh pembaca. Misalnya saja dengan penulisan kata yang baik, tanda baca yang benar, gambaran dan penyampaian yang jelas. Dari hal tersebut blogger membantu dengan memberikan cpanel pada halaman postingan untuk mempermudah pekerjaan para publisher. Publisher adalah sebutan bagi seseorang yang telah mengikuti program periklanan (adsense) sseperti Google Adsesnse. Pada umumnya yang aktif di dunia online pasti sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Seseorang pablisher yang mengikuti periklanan Google Adsense memasang iklan atau program adsense lainnya yang di berikan oleh pihat Google untuk di pasang pada situs web atau blog nya. Kurang lebih seperti itu, namun yang kita sedang bahas adalah cara untuk mengedit postingan atau artikel agar terlihat menarik, rapih, sehingga dapat menarik banyak pengunjung untuk dapat di baca. Menurut anda, kenapa hal-hal di atas di perlukan? Tentu saja, hal tersebut di perlukan untuk memudahkan pengunjung memahami informasi yang kita sampaikan.

Mengedit Postingan (artikel)
Oke, kita mulai dari awal !! Anda memiliki postingan yang ingin di perbaiki atau di edit, silahkan login dulu ke blogger anda, kemudian memasuki halaman dasbor masuk ke Pos. Di samping terlihat deretan pos, seperti pada gambar di atas. Arahkan kursor anda ke bawah deretan salah satu judul postingan. Akan terlihat beberapa option Edit, Lihat, Berbagi, Hapus. Pilih Edit. Di mulai dari sini lah kita akan memulai mengedit postingan atau artikel.

A. Cara Memformat Postingan (artikel)

Maksud dari memformat postingan artikel di sini adalah seperti menebalkan, memiringkan, dan juga memberi garis bawah pada artikel. Bukan hanya itu saja yang akan kita bahas, tentang cara memberikan efek coretan pada tulisan, mewarnai tulisan, serta mewarnaibackground tulisan dan lain sebagainya. Simak saja informasinya di bawah ini :

Menu Format Tulisan
Lihat gambar gambar di samping, terdapat macam-macam tombol yang dapat kita gunakan untuk memformat huruf, diantaranya adalah B (bold),  I (italic), U (underline), ABC (strikethrought), A (text color), dan yang terakhir backgroun color.

  • B (bold) : Memiliki fungsi untuk menebalkan tulisan ataupun teks yang ingin kita tebalkan pada postingan atau artikel kita. Sehingga tulisan yang kita maksudkan lebih jelas dibandingkan dengan tulisan lain.
  • I (italic) : Memiliki fungsi untuk memiringkan tulisan ataupun teks yang ingin kita miringkan untuk memperjelas bagian tulisan yang penting untuk di pahami oleh pembaca.
  • U (underline) : Memiliki fungsi menggaris bahwahi tulisan atau teks yang di pilih.
  • ABC (strikethrought) : Memiliki fungsi agar kita bisa memberikan tanda coret pada kata atau tulisan. Biasanya sih ini kebanyakan di gunakan untuk mencorek angka pada saat diskon. hehe..
  • A (text color) : Berfungsi memberikan warna tulisan. Bagi anda yang ingin memberikan peringatan pada bagian informasi yang penting, biasanya tulisan warna merah di gunakan untuk memberikan peringatan pada pembaca.
  • Backgroun color : Berfungsi memberikan warna backgroun pada teks atau kalimat yang ingin anda warnai. 
Informasi tersebut berguna untuk memperjelas dan menggambarkan informasi yang ingin anda sampaikan. Jadi, gak mungkin gak berguna bukan? Semua pada dasarnya memiliki manfaat untuk dapat melengkapi informasi yang kita sampaikan pada pembaca. *Cara untuk menggunakannya tentu sangat mudah, seperti biasa anda hanya perlu memblok kata atau tulisan yang ingin anda format, klik tombol yang anda perlukan untuk tulisan atau kata pada postingan tersebut.

B. Membuat Read More Pada Postingan (artikel)

Oke, tahap selanjutnya adalah menggunakan fasilitas read more pada postingan atau artikel anda. "Read More" dalam bahasa indonesia "Baca Selengkapnya" merupakan fasilitas dari blogger untuk memotong tulisan, guna mempersingkat kalimat yang ada pada halaman depan blog anda. Hal ini membuat halaman depan blog anda rapih dan memungkinkan pengunjung membaca informasi lainnya pada halaman depan blog anda. Infomasi selengkapnya berikut ini :

Pada cpanel halaman posting, jajaran ke dua dari emotikon terdapat gambar kertas sobek, itulah tombol menu Read More (insert jump break). *Cara untuk membuat read more ini mudah sekali, anda hanya perlu menempatkan kursor di bagian teks yang akan di potong, klik Insert Jump Break. Setelah selesai anda dapat memastikannya dengan melakukan pratinjau untuk melihat hasilnya. Namun, jika di rasa sudah selesai dengan pekerjaan anda (postingan), anda dapat mempublikasikannya dan melihat hasilnya. Pada halaman blog anda pasti ada bacaan "baca selengkapnya atau read more. Jika anda ingin menampilkan semuanya, klik saja tuliasan 'baca selangkapnya atau read more" di halaman blog anda tersebut.

Selain dari cara di atas, terdapat juga read more otomatis dari template. Biasanya anda tidak perlu membuat read more satu per satu pada artikel blog anda. Anda hanya perlu mencari dan mendownload template yang menyediakan fasilitas read more otomatisnya. Jadi anda hanya perlu mencari situs penyedia template, dan memilih tempalate yang memiliki fasilitas read more otomatis. Singkatnya mungkin memudahkan pekerjaan anda, tidak memakan waktu untuk mengedit postingan dengan read more.

C. Fungsi Emotikon,  Alignment, Number List, Bullet List, Quote, Remove Formating, Check Spelling, Pada Postingan (artikel) Anda.

Insert Special Character, Insert Jump Break,
Alignment, Numbered List, Bullet List, Quote,
Remove Formatting, Check Spelling
Karena insert jump break sudah kita bahas di atas, kita selesaikan fungsi informasi lainnya di bawah ini untuk mengedit postingan (artikel) anda. Mulai dari insert spesial character, alignment, numbered list, bullet list, quote, remove formating, dan juga chek spelling. Kita mulai bahas fungsinya masing-masing di bawah ini :
  • Insert Spesial Character : Memberikan karakter gambar emosi atau yang kita kenal dengan emotikon pada akhir/awal kata, teks, kalimat yang ingin anda sisipkan emosi. Hal ini dapat menggambarkan kata atau kalimat yang anda sampaikan. *Caranya anda hanya perlu menyimpan kursor di depan, tengah, akhir teks yang anda inginkan, klik tombol insert spesial character.
  • Alignment : Merupakan fasilitas yang dapat mengatur paragraph baik dalam posisi teks atau perataan teks. Hal ini dapat membantu membuat tulisan atau postingan anda menjadi lebih rapih dan baik. Dalam fasilitas aligment ini di lengkapi dengan 4 jenis, yaitu teks rata kanan, rata tengah, rata kiri serta rata kiri dan kanan atau dalam bahasa inngrisnya Align Text Left, Center, Align Text Right dan atau Justify. * Cara menggunakannya adalah, anda hanya perlu memblok kata atau kalimat postingan yang ingin anda rapihkan, klik aligment, pilih salah satu fasilitas perataan nya.
  • Numbered List : Memberikan tanda nomor atau angka dalam penandaan paragraf yang di pilih.
  • Bullet List : Sama seperti numbered list, bullet list ini juga mempunyai fungsi memberikan tanda bullet pada beberapa paraghraf yang anda pilih. contohnya seperti yang saya tandai pada paragraf ini.  * Cara untuk kedua number dan bullet ini anda hanya perlu mengklik tombol tersebut (numner/bullet).
  • Quote : Dalam kamus bahasa indonesia yang memiliki arti kutipan. Hal ini biasanya di gunakan untuk paragrap kata atau ucapan yang di anggap menarik. *Caranya anda hanya perlu memblok paragrap yang menurut anda penting, lalu klik quote.
  • Remove Formating : Berfungsi menghapus jenis format yang terdapat pada tulisan postingan blog anda. Misalnya saja tulisan yang sudah di format dengan tulisan tebal, miring atau format lainnya, remove formatting ini lah yang membantu anda mengedit kembali tulisan ke semula.  Jadi dengan bantuan remove formating ini dapat menghapus format yang di gunakan pada tulisan tersebut, sehingga tulisan akan kembali normal seperti sebelumnya. * Caranya Ada hanya perlu memblok paragrap yang sudah di format, lalu klik Remove Formatting.
  • Chek Spelling : Memiliki fungsi untuk mengecek postingan atau artikel anda jika terdapat kesalahan kata atau kalimat. Pada fungsi chek spelling ini memiliki tolak ukur standar bahasa baku EYD ( ejaan yang disempurnakan). Akan tetapi chek spelling ini hanya dapat di gunakan pada postingan bhs inggris, jadi kalo ingin postingan bhs indonesia kita di chek, anda perlu menambahkan semacam pluggin bhs indonesia pada browser yang anda gunakan. * Caranya jika sudah anda memasang pluggin bahasa indonesia, anda hanya perlu memblok postingan atau paragraf untuk di chek, lalu klik Check Spelling.
D. Mengatur Format Judul, Font Size, Font, Undo, Redo, Html, Compose Pada Postingan (artikel).

Oke, selanjutnya kita akan menyelesaikan pembahasn akhir dari cara edit mengedit postingan ini. Kita sudah membahas semua fungsi dari cpanel dari entri baru halaman postingan. Sebagian kita sudah membahas tentang Link, Insert Image, dan juga Insert a Vidio di pembahasan cara menyisipkan gambar dan vidio pada postingan, sebagiannya kita bahas disini hingga akhir. 

Format Judul, Font Size, Font, Undo, Redo, Html, Compose
  • Format : Dalam fungsi format ini adalah untuk menentukan Heading, Subheading, Minor Heading dan Normal. Pada menu ini dapat di menjadikan teks atau tulisan kamu judul, sub judul, atau normal.
  • Font Size : Berfungsi untuk mengubah ukuran huruf, baik memperkesil atau memperbesar teks yang anda pilih.
  • Font : Berfungsi untuk mengganti style atau jenis huruf teks yang ingin anda gunakan dalam menulis postingan.
  • Undo : Berfungsi membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. Misalnya anda ingin mengembalikan kata postingan yang sudah anda tulis ke semula sebelum di tulis.
  • Redo : Begitupun fungsi redo adalah cara untuk mengulang suatu yang telah di batalkan sebelumnya. *Cara undo dan redo, anda hanya perlu mengklik undo dan redo sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Html : Hyper Text Maekup Language (HTML) adalah bahasa markah yang biasa di gunakan untuk membuat sebuah halaman web. Html ini juga dapat di gunakan untuk anda yang ingin mengedit postingan secara manual pada menu Html. * Caranya anda hanya perlu masuk ke halaman Html dengan mengklik Html di samping menu compose.
  • Compose sendiri adalah halaman depan dari entri baru halaman postingan anda. Dimana anda menuliskan semua infromasi, mengedit postingan dan menggunkan fungsi lainnya. 
Alhamdulillah.. akhirnya selesai uraian infromasi mengenai memperbaiki atau edit mengedit postingan artikel nya. Dihasrapkan informasi yang saya berikan dapat bermanfaat dan membantu anda memahami dari beberapa fasilitas halaman entri baru postingan anda. Kurang lebih gambarannya seperti itu, mohon di maafkan jika terdapat kesalahan kata atau penjelasan yang belum sempurna. Informasi yang diberikan berdasarkan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan dari pihak lain. Namun, anda akan paham sepenuhnya jika apa yang saya informasikan dapat di aplikasikan kedalam dunia nyata anda dalam mengolah blog anda terutama postingan artikel. 

Terimakasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca dan mempelajari informasi yang saya berikan. Diharapkan juga anda mau atau berkenan membaca dan mempelajari informasi lainnya. Akhir kata, sampai jumpa lagi di informasi menarik lainnya. baybay..👧

Tidak ada komentar: