Beberapa Cara Simpel Dalam Mengatasi Masalah Blog Anda

Pemecahan Masalah Pada Blog - Dalam memulai blog pasti kadangkala ada kendala yang di hadapi terutama bagi pemula yang baru memasuki dunia blog. Banyak dari mereka mencari jalan keluar dengan cara mencari informasi dari internet, membaca buku blogger di perpus, atau bahkan tak jarang sampai membeli buku panduan blogger. Memang hal yang akan kita bahas ini tidak terlalu menonjol dan hanya masalah sepele, akan tetapi berbagi ilmu baik dari hal yang kecil maupun sampai hal yang besar tetap barokah alias berkah 😇. Jadi gak ada salahnya untuk di publikasikan atau di informasikan pada situs blog ini. Lalu, apa saja yang akan kita bahas ? Simak informasinya berikut ini.

A. Cara Menghapus Postingan

Jika dirasa anda memiliki masalah dengan postingan yang ingin anda hapus, akan tetapi anda tidak mengetahui bagaimana cara menghapusnya? Berikut caranya saya informasikan :

Cara Menghapus Pos
  1. Masuk Dasbor blogger anda kemudian klik > Pos.
  2. Terlihat deretan daftar posingan dari blog anda. Pilih posingan yang anda ingin hapus dengan cara mengarahkan kursor mouse kebawah judul postingan. Terdapat barisan menu Edit, Lihat, Berbagi, Hapus. > Klik Hapus.
  3. Muncul kotak pertanyaan seperti berikut ini " Anda yakin ingin menghapus pos yang di pilih ? " > Klik OK.
  4. Postingan pun terhapus.
B. Cara Menyimpan Postingan Yang Belum Terselesaikan

Jika anda kehabisan waktu untuk menyelesaikan postingan atau anda ingin melanjutkan postingannya di lain waktu, anda dapat menyimpannya lewat Draft. Draf dalam post atau Post Draft dalam artii yang bebas adalah artikel atau post yang masih dalam konsep pengerjaan dan belum di publikasikan ke publik. Menyimpan post sendiri menjadi alternatif yang dapat digunakan bagi anda anda yang memiliki alasan lain untuk mengerjakannya di lain waktu.


Tombol Simpan (draft)
Caranya mudah saja untuk menyimpan postingan ini ke draft, ketika anda dalam halaman postingan Entri Baru, di samping atas terdapat tombol Simpan, sampingnya tombol Publikasi seperti pada gambar di atas > Klik Simpan. Maka secara otomatis artikel atau postingan anda akan tersimpan di dalam Draft. Ketika anda di lain waktu ingin meneruskan kembali postingan atau mengeditnya kembali, silahkan > Klik Edit di bawah judul pos sperti yang sudah di informasikan di atas. Ketika sudah selesai dengan postingannya anda dapat mempublikasikannya > Klik Publikasikan.

C. Cara Membuat Menu Dengan Menambahkan Laman

Jika anda kesusahan atau tidak tau bagaimana mengedit Html untuk membuat menu di halaman blog anda, anda dapat menggunakan laman sebagai jalan pintasnya. Laman adalah halaman pada blog. Pada saat pertama anda memiliki blog, biasanya akan diberikan 1 laman oleh blogger yaitu laman " home atau beranda" yang berisikan kumpulan dari postingan atau artikel-artikel dari blog anda yang telah di publikasikan.

Menambahkan Laman
Caranya mudah saja, anda hanya perlu masuk ke > Dasbor Blogger > Klik Laman > Laman Baru (Kode Html), seperti pada gambar di atas no 1. Dengan membuat dan mempublikasikan laman tidak akan langsung muncul di halaman site blog anda. Lalu bagaimana caranya agar muncul ? Caranya sangat mudah sekali, perhatikan informasinya berikut ini :
  1. Masuk ke Dasbor Blogger anda > Klik Tata Letak seperti pada gambar di atas no 2, kemudian > Klik Tambahkan Gadget.
  2. Akan muncul tampilan seperti gambar no 3 > Klik Laman (+).
  3. Muncul tampilan no 4, pada tampilan tersebut di bawah beranda terlihat Kode Html yang telah saya buat pada laman tadi. Centang pada kode html tersebut seperti ceklisan beranda di atasnya. > Simpan.
  4. Muncul tampilan no 5. Sekarang > Simpan Setelan dan lihat hasilnya di halaman utama blog anda.
Hasil Tampilan Dari Laman
Bagaimana, dapat di pahami informasinya ? Selanjutnya saya akan informsikan hal yang lebih penting, yaitu laman yang kita buat ketika di klik di menu hanya menampilkan 1 halaman informasi saja dan tidak menampilkan isi postingan lain. Laman ini biasnya di buat hanya untuk pengenalan diri seperti "about me atau contak us". Lalu bagaimana caranya agar dapat menampilkan postingan lain ? Bagaimana caranya mengelempokan postingan sesuai dengan kata menu yang di tampilkan di laman? Kita ambil contoh misalnya "Tips & Trik" seperti menu yang saya buat. Pada menu tersebut terdapat postingan atau kumpulan artikel mengenai tips dan trik pada pembuatan bloger, mengedit html, atau pemecahan permasalahan lain yang dapat di lakukan dengan jalan pintas. Caranya akan kita bahas pada pembahasan selanjutnya mengenai Label.

D. Cara Membuat Menu Menampilkan Artikel Atau Postingan Terkait

Label - Apa itu Label ? Label adalah kategori dari postingan yang anda buat sesuai dengan informasi yang di sampaikan atau bisa di bilang berkaitan dengan isi postingan blog anda. Label sendiri biasanya disebut sebagai kategori atau tags. Lebih jelasnya fungsi label blogger adalah untuk kita dapat mengelompokan artikel berdasarkan kategori yang sama, sehingga dapat mempermudah pengunjung blog melihat artikel lainnya berdasarkan label atau kategori. Selain dari funngsi tersebut, label juga dapat berfungsi menampilkan Related Post atau Artikel Terkait lainnya berdasarkan label artikel. Lalu apa hubungannya dengan membuat menu pada halaman utama blog ? Seperti yang sudah saya informasikan di atas, permasalahan bagaimana cara membuat menu menampilkan kumpulan postingan yang terkait dengan kata kategori menu tersebut ? Jawabannya jelas, yaitu dengan membuat label atau memberikan kategori pada setiap postingan anda. Cara lebih lengkapnya akan kita bhas informasinya berikut ini :
  1. Pada saat anda membuat Entri Baru, di samping kanan terdapat Setelan Entri ( Label, Jadwal, Tautan Permanen, Lokasi, Pilihan). Klik Label dan isi kategori atau tags yang menyangkut dari infomasi blog anda. Anda dapat memberikan beberapa kategori atau banyak kategori tags dalam 1 postingan. Misalnya kita ambil contoh pada postingan ini. Kategori apa yang akan saya masukan ? " Cara Menghapus Postingan, Informasi Blog, Tips & Trik Blog, Laman Blog, Label Blog, Pengertian Label, dsb. " Setelah selesai postingan anda dan telah di berikan label > Klik Publikasikan.
  2. Langkah selanjutnya lihat halaman utama blog anda, biasanya di bawah postingan terdapat kumpulan sosmed untuk berbagi dan nama penulis serta label dari postingan anda. Nah klik salah satu label tersebut kemudian ambil Link nya, amankan pada notepad.
  3. Langkah selanjutnya > Masuk Dasbor Blogger  > Tata Letak > Laman, seperti pada gambar di atas No. 5. 
  4. Muncul tampilan gambar No. 4. terdapat kata > Klik Tambahkan Tautan Eksternal. Akan muncul kotak "Laman Baru > Alamat Web", di bawahnya terdalat kotak isian untuk Judul Laman yang akan menjadi tampilan kata dari menu laman anda, dan juga Alamat Web (Url) dimana pembaca yang mengklik laman tersebut akan di alihkan kelaman web Url tertuju.
  5. Tugas anda hanya perlu mengisi dari kotak tersebut. Misalnya saya ambil contoh seperti halaman menu blog saya, Judul " Informasi Blog " sedangkan untuk Alamat web nya saya masukan alamat label yang tadi kita simpan di notepad  yaitu label informasi blog. > Klik Simpan.
  6. Hasilnya lihat  halaman utama blog anda, coba klik menu dari informasi blog. Akan muncul semua postingan yang terkait dengan label "informasi blog". Begitupun menu lainnya seperti Tips & Trik, akan muncul semua tampilan postingan tentang tips dan trik. Catatan : jadi kesimpulannya anda ambil saja label yang dapat anda jadikan sebagai menu di halaman blog anda.
Bagaimana, mudah bukan cara membuat menu dengan laman ?! Manfaatkan saja apa yang dapat ada gunakan walaupun anda tidak paham mengenai mengedit Html atau bahasa pemograman. Cara ini juga saya gunakan karena memang simpel dan gampang untuk di edit. Anda juga mungkin dapat melakukan cara lain jika mencari jalan keluarnya.

E. Cara Menghapus Laman Pada Blog

Setelah kita membahas tentang laman serta cara membuat laman, sekarang kita akan mempelajari hal yang sangat muda, yaitu cara menghapus laman. Mungkin ini di anggap tidak penting, namun untuk melengkapi informasi, dan tidak memberikan informsi yang setengah-setengah kita pelajari saja informasinya. Ketika anda sudah mencoba membuat percobaan dengan membuat menu dari laman, anda dapat mengedit dan menghapus laman yang tidak di perlukan. Caranya mudah saja, > Masuk Dasbor, di bawah judul laman terdapat menu seperti menghapus pos. Pilih laman yang ingin di hapus dengan mengarahkan kursor di bawah judul laman > Pilih Hapus > OK.

Demikian itulah informasi yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau kalimat yang tertulis. Kritik dan sarannya saya tunggu  untuk memperbaiki kesalahan yang di buat. Masih banyak kekurangan yang saya miliki jadi mohon di maklumi untuk informasi yang masih memiliki kekurangan. Meski demikian harapan saya semoga informsi yang di berikan dapat bermanfaat dan berguna untuk anda yang membutuhkan atau pembaca blog ini. Terimakasih atas waktunya, sampai jumpa di informasi nge blogg lainnya.