Mengenal Bisnis Online - Bisnis Online

Bisnis Online - Bisnis Online adalah sebuah kegiatan berbisnis yang dilakukan secara online. Berbisnis online ini sudah tak asing lagi, sudah banyak masyarakat yang sudah berbisnis dengan metode seperti ini. Masyarakat luas berbisnis online tak jarang sudah digunakan sebagai bisnis utama dan sebagian menggunakan metode ini untuk bisnis sampingan. Kata "bisnis" sendiri menurut Kamus Besar bahasa indonesia adalah " usaha komersial dalam dunia pedagangan", sedangkan untuk kata "online" yang mengandung arti "dalam jaringan". Bisnis online ini bisa di artikan sebagai usaha komersial dalam dunia perdagangan yang dilakukan didalam jaringan internet. 

Bagi Anda pemula yang ingin memulai berbisnis online, Anda dapat menyiapkan persyaratan hal-hal seperti berikut ini :
  1. Anda dapat mengoprasikan perangkat komputer atau laptop dengan baik. Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan, karna kita akan berbisnis secara online, dimana menggunakan PC/Laptop.
  2. Memasang atau memiliki koneksi internet. Hal ini di perlukan untuk anda dapat terhubung ke internet memudahkan dalam berjualan (kegiatan bisnis) dalam cangkupan luas.
  3. Memiliki email. Sebelumnya sudah saya beritahuakan tahapan membuat email/gmail, Anda dapat mencobanya untuk dapat memiliki email. Seorang pembisnis online haruslah memiliki sebuah akun email, dimana email ini dapat digunakan sebagai alat sarana komunikasi dengan konsumen atau klien Anda. 
  4. Memiliki akun bank lokal. Memiliki akun bank lokal diguunakan untuk transaksi jual beli dalam bisnis online Anda.
  5. Memiliki akun bank sedunia. Untuk yang satu ini biasanya di gunakan oleh pembisnis online yang sudah lama berkecimbung dalam dunia bisnis online. Hal ini digunakan juga sebagai transaksi, karena tidak semua situs menggunakan akun bank lokal (Indonesia) sebagai alat transaksi. Akun bank sedunia ini seperti payPal.
Beberapa poin di atas adalah persyaratan yang harus Anda miliki dalam memulai bisnis online. Adapun keuntungan yang dapat Anda miliki dalam usaha berbisnis online adalah berikut ini :
  1. Poin pertama adalah Anda dapat melakukan bisnis online kapanpun dan dimanapun. Zaman semakin maju, teknologi semakin canggih dengan menyediakan media online yang emndukung bisnis Anda. Misalanya saja Hp, Tablet yang sudah memiliki fitur-fitur office dan sosial media yang sudah tersedia di playstore atau aplikasinya sesuat gadget yang Anda miliki. Tentu saja hal ini memerlukan dukungan koneksi internet.
  2. Poin yang kedua ini adalah menghapuskan rasa frustasi akibat biaya atau modal yang umumnya di perlukan untuk memulai bisnis. Dalam bisnis online Anda tak perlu khawatir lagi soal modal, karena terdapat banyak pilihan bisnis online gratis yang dapat Anda jalankan. 
  3. Poin selanjutnya adalah bisnis Anda berjalan 24 jam meskipun Anda sedang tidur. Maksudnya disini adalah ketika Anda memiliki toko online atau berjualan di status facebook akan tetap terlihat oleh semua orang yang melihat atau mampir ke toko online anda ketika mereka sedang online sengaja mencari atau tidak sengaja melihat barang jualan Anda. Tentu saja hal ini dikarenakan bisnis oline yang memiliki sifat online yang tak pernah tutup.
  4. Tidak banyak mengeluarkan tenaga, hanya menguras pikiran untuk memajukan usaha bisnis online Anda. 😁
  5. Produk yang dijual bisa berupa produk sendiri atau produk orang lain (reseller atau dropship). Untuk bisnis online berupa artikel blog, ads, pcc, ptc lebih lanjut kita bahas di informasi kedepannya. 
  6. Produk yang kita pasarkan secara online tidak hanya dilihat oleh ruang lingkup sekitar kita saja, akan tetapi memiliki cakupan luas misalnya seperti dilihat oleh masyarakat Indonesia atau seluruh dunia.
  7. Memudahkan Anda dalam mempromosikan produk dagangan Anda, misalnya Anda dapat mempromosikannya lewat sosial media. Seperti yang Anda ketahui, hampir seluruh masyarakat indonesia atau di dunia selalu update dalam dunia sosial mereka. Misalnya saja facebook, instagram, twitter, dan sosial media lainnya.
Demikian itu adalah beberapa poin keuntungan yang mungkin dapat menjadi ketertarikan Anda dalam memulai berbisnis online. Namun, sebagai pembisnis atau pengusaha yang baik, ada baiknya juga anda memperhatikan kekurangan atau kelemahan dalam berbisnis online. Kita ambil contoh misalnya saja seperti ; ketergantungan pada koneksi internet, kurangnya kepercayaan konsumen, pelangggaran hak cipta, masalah pengiriman barang atau produk. Hal-hal seperti itu harus Anda perhatikan juga untuk kelancaran berbisnis Anda. 

Untuk innformasi dasar dari bisnis online diatas kita sudahi saja. Selanjutnta kita akan mulai membahas tahapan-tahapan persiapan bisnis online yang dapat menjadi acuan Anda untuk memilih bisnis online. Untuk itu nantikan kembali informasi selanjutnya hanya di blog Panduan Pintar Blogger. Terimakasih sebelumnya Anda sudah berkunjung dan membaca informasi dari kami. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di informasi selanjutnya. 👋

1 komentar:

RianBayu mengatakan...

wah ini dia nih yang saya cari, makasih ya mas