Cara Membuat Link Antar - Artikel

Membuat Link Antar Artikel -  Apa itu link ? "Link adalah sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lainnya, misalnya dalam sistem networking atau internet. Dalam postingan artikel, link sendiri adalah url yang di sisipkan pada sebuah kata atau kalimat yang terdapat pada uraian informasi. Link sendiri di bagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal. Link internal adalah tulisan yang jika anda klik akan mengarah pada halaman blog anda sendiri. Sedangkan untuk link eksternal adalah thulisan dalam kata atau kalimat yang terdapat pada uraian informasi blog anda jika di klik mengarah pada halaman blog lain. Nah, yang akan kita bahas saat ini adalah link internal dan eksternal link, walaupun begitu membumbuat link internal atau eksternal sama saja caranya, hanya url yang di sisipkan url blog kita atau url blog lain.


Selangkapnya kita bahas langkah  membuat link antar artikel (internal link) informasinya berikut ini :
  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu halaman blog yang ingin anda jadikan sebagai tujuan internal link. Misalnya saja contohnya halaman utama Panduan Pintar Blogger punya saya seperti pada gambar di atas ( panduanpintarblogger.blogspot.co.id ).
  2. Copy url (alamat) tersebut, masukan pada pada kata atau tulisan yang ingin anda beri link. Contoh tulisan "Panduan Pintar Blogger ".
  3. Seleksi dan blok tulisan tersebut.
  4. Klik tombol link di Cpanel yang sudah tersedia. Akan muncul kotak edit link.
  5. Pastekan url yang tadi sudah anda copy tadi dan letakan pada kotak to what URL should link go ?
  6. Jika anda ingin link jika di klik tampil di halaman baru, anda dapat memberi tanda ceklis pada open this link in a new window. Klik Ok.
  7. Publikasikan dan coba lihat blog anda untuk memastikan hasilnya. Silahkan klik tulisan yang di beri internal link tersebut. Akan tampil halaman tujuan dari internal link tersebut.
Kotak Edit Link
Begitulah caranya membuat link internal antar artikel, anda hanya perlu menyiapkan tujuan link internal (url) kemudian menyisipkannya pada kata atau kalimat yang terdapat pada postingan. Selanjutnya kita belajar cara membuat eksternal link misalnya saja membuat link download. Seperti yang sudah saya informasikan sebelumnya, cara membuat link antar artikel ini memiliki kesamaan prosesnya, hanya saja anda menyiapkan tujuan link eksternal (url luar) yang di sisipkan pada kata atau kalimat pada postingan. Sebuah link yang tujuannya ada di luar blog atau eksternal link pada thutorial ini dapat di manfaatkan untuk menuju situs tertentu. Misalnya saja seperti ini, anda membuat blog tentang informasi lagu atau anime. Untuk dapat menyimpat file dengan kapasitas besar anda memerlukan tempat lain untuk menyimpannya. Misalnya anda menyimpannya di mediafire salah satu situs file hosting. 

A. Upload ke File Hosting

File Hosting merupakan situs yang dapat anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai file (backup) secara online. Kalau di ibaratkan seperti hard disk online, dimana anda dapat menyimpan dokumen seperti file miscrosoft wor, excel, power point, program, mp3, mp4, vidio, dan lain-lain. File yang anda simpan di file hosting dapat anda bagikan ke teman-teman atau semua pengunjung blog melalui link download. Situs file hosting biasanya menyediakan 2 macam model penyimpanan, seperti penyimpanan berbayar atau gratisan, Penyimpanan berbayar biasannya di berikan space yang lebih besar, sedangkan untuk penyimpanan gratisan biasanya dibatasi. Nah, kita coba saja meng upload fil ke file hosting mediafire. Nantinya semua file yang kita simpan di situs tersebut dapa kita share linknya ke dalam postingan blog kita agar dapat di download oleh semua pengunjung blog.
  1. Kunjungi situsnya mediafire.com.
  2. Kemudian klik Sign-up untuk melakukan pendaftaran.
  3. Setelah itu anda akan di suguhkan dengan pilihan fitur berbayar dan gratisan. Pilihlah menu yang anda inginkan.
  4. Selanjutnya silahkan lengkapi form pendaftaran yang di berikan oleh pihak situs tersebut. Jangan lupa untuk menceklis I agree to the term of service kemudian klik creat account & continue.
  5. Ketika pendaftaran berhasil, akan tampil halaman untuk download aplikasi mediafire untuk download aplikasi mediafire dekstop.
  6. Akan muncul proses download.
  7. Kemudian muncul peringatan untuk verifikasi email. Silahkan buka email yang tadi anda daftarkan di mediafire.
  8. Klik link verifikasi dalam isi email tersebut. Anda akan langsung di arahkan atau di bawa ke halaman verifikasi. Klik tombol Verify Email.
  9. Setelah proses tersebut selesai anda akan di bawa masuk ke dalam hosting milik anda. 
  10. Pada halaman hosting anda terdapat folder yang dapat anda gunankan untuk menyimpan file atau anda juga dapat membuat folder sendiri yang anda inginkan.
  11. Klik folder yang anda kehendaki kemudian klik tombol upload yang sudah di sediakan.
  12. Pilih file yang ada di komputer anda yang ingin upload.
  13. Klik  tombol Begin Upload untuk memulai proses upload. Jika sudah selesai, maka akan muncul link share dan copy link di sebelah kanan file.
  14. Klik share. dan copy url linknya. Anda dapat mengamankan url tersebut di paste ke notepad.
Setelah proses penyimpanan file berhasil semua, anda lanjutkan untuk membuat link downloan (eksternal link), informasinya berikut ini :
  1. Login blogger seperti biasa.
  2. Buat entri baru, buat juga postingannya.
  3. Seleksi tulisan tersebut dengan membloknya.
  4. Klik tombol link.
  5. Pastekan url yang tadi sudah anda copy tadi dan letakan pada kotak to what URL should link go ?
  6. Jika anda ingin link jika di klik tampil di halaman baru, anda dapat memberi tanda ceklis pada open this link in a new window. Klik Ok.
  7. Publikasikan dan coba lihat blog anda untuk memastikan hasilnya. Silahkan klik tulisan yang di beri eksternal link tersebut. Akan tampil halaman tujuan dari eksternal link tersebut.
  8.  Tampilan menunjukan link download pada mediafire. Silahkan download sepuasnya oleh pembaca blog anda.
Begitulah caranya, anda dapat mengaplikasikannya pada blog anda. Semoga informasi yang di berikan membantu anda dalam penyelesaian masalah yang di perlukan. Terimakasih atas waktu kunjungannya. Jangan lupa untuk menyukai dan membagikan infomasi ini kepada teman atau keluarga yang membutuhkan pembelajaran tentang blogger. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa pada informasi terbaru lainnya.