Cara Membuat Blog Baru Pada Blogger

Membuat Blog Baru - Informasi sebelumnya kita sudah membahas tentang pendaftaran blogger dan juga pengenalan dasbor blog. Selanjutnya kita akan mulai pada tahap pembuatan blog yang menjadi wadah atau tempat dimana anda dapat menyampaikan informasi yang ingin di sampaikan atau di publikasikan. Pada langkah membuat blog ini tidah jauh berbeda dengan kita membuat tulisan di Ms word, dimana ada tombol atau cpanel yang dapat membantu atau memudahkan anda dalam melengkapi informasi yang akan di sampaikan. Misalnya saja seperti pada gambar di bawah ini :

Cpanel Entri Baru
Pada tampilan gambar di atas anda bisa lihat cpanel yang di sediakan di entri baru tempat anda menulis informasi yang akan di publikasikan. Sebelum memberikan sedikit gambaran penjelasan cpanel di atas, kita akan membahas terlebih dahulu, bagaimana cara membuat blog baru atau langkah awal pembuatan blog. Informasinya sebagai berikut :


Membuat Blog atau Membuat Blog Baru
  1. Buka situs Blogger.com di laptop anda.
  2. Tulis akun gmail anda pada kolom Email dan Password, kemudian klik masuk. Anda akan di arahkan pada halaman dasbor blog.
  3. Klik tombol Blog Baru pada halaman dasbor blog anda.
  4. Tulis judul blog anda pada kolom judul dan buatlah alamat blog anda pada kolom alamat. Isi sesuai dengan informasi yang ingin anda sampaikan, misalnya saja informasikesehatan.blogspot.com (contoh).
  5. Setelah anda sudah menuliskan alamat blog yang anda inginkan, akan muncul pemberitahuan ceklis yang artinya alamat blog yang anda tulis dapat di terima karena belum ada yang memiliki alamat tersebut. Sehingga anda boleh menggunakannya, akan tetapi jika di tolak anda akan di suruh untuk menuliskan alamat lain yang belum terdaftar.
  6. Jika sudah dapat menuliskan alamat blog yang di terima, anda dapat memililih templatenya atau background dari blog anda. Jika sudah anda dapat melihat hasilnya pada Lihat Blog untu melihat tampilan blog yang anda buat.
Selanjutnya setelah kita sudah membuat alamat blog beserta dengan mendesain backgrounya, isi dengan postingan informasi yang ingin anda sampaikan. Cara membuat artikel atau yang biasa dis ebut dengan postingan adalah tempat dimana anda dapat menulis informasi yang ingin di sampaikan atau isi dari blog anda. Postingan adalah sebuah tulisan yang biasanya di jumpai di dalam sebuah blog. Contohnya saja pada tampilan Panduan Pintar Blogger ini :

Situs Panduan Pintar Blogger
Gambar di atas adalah contoh tampilan pada situs blogger panduan pintar blogger yang berisikan informasi panduan blogger. Anda dapat memberikan informasi yang ingin anda sampaikan melalui postingan melalui blog anda. Adapun langkahnya, akan kita bahas sekarang di informasi ini.

A. Membuat Postingan atau Artikel Pertama Blog Anda

Lihat pada  gambar di atas pada dasbor Membuat Blog Baru, anda dapat melihat atau membaca Entri Baru di atas postingan artikel blog panduan pintar blogger.
  1. Klik Entri Baru.
  2. Anda memasuki halaman pembuatan atau penulisan informasi.
  3. Tuliskan judul artikel yang ingin anda informasikan pada pembaca.
  4. Pada cpanel tersebut dapat membantu anda dalam melengkapi informasi yang ingin di sampaikan. Cpanel gambarnya bisa anda lihat pada gambar pertama pada uraian informasi ini. Gambar Cpanel Entri Baru.
  5. Anda dapat menyisipkan gambar, vidio, merapihkan informasi, mengedit html, mengedit judul, pemberian number, menyisipkan ling, memberikan label informasi, menentukan lokasi, emotikon dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mencoba menggunakan tombol Cpanel tersebut sehingga anda dapat mengetahui fungsi-fungsi yang di berikan.
  6. Jika anda sudah selesai menulis artikel atau informasinya, langkah terakhir adalah mempublikasikannya dengan cara mengklik tombol Publikasikan. Postingan dapat ada lihat di situs halaman blog anda.
Bagaimana cukup mudah bukan untuk memulai membuat blog serta mengisikan postingan blognya?!. Jika anda mencobanya atau memparaktikannya langsung, pasti anda akan paham dan mengerti untuk mengaplikasikannya. Untuk informasi cara membuat blog baru pada postingan ini di cukupkan sekian saja. Lebih lengkapnya untuk panduan blogger akan kita bahas pada postingan berikutnya. Jadi nantikan kembali informasi lanjutannya, jangan lupa juga untuk membaca informasi lainnnya langkah mendaftar blogger pada blog panduan pintar blogger ini.

Akhir kata demikian uraian informasi yang dapat saya informasikan, terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan untuk membaca uraian informasi ini. Semoga informasi yang di sampaikan dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau kalimat pada uraian informasi yang di berikan. Sampai jumpa di informasi postingan blog berikutnya.